Jumat, 27 Juli 2012

Anjing Kintamani

        Siapa yang tidak mengenal anjing kintamani? anjing yang memiliki ciri fisik menyerupai serigala ini, merupakan anjing asli Banjar Paketan, Desa Sukawana, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli. Namun masyarakat umum sudah berpendapat bahwa anjing ini dapat ditemukan di seluruh wilayah Kintamani, itu sebenarnya salah, anjing kintamani asli hanya dapat ditemukan di daerah Banjar Paketan, mereka yang menjual anjing kintamani di luar daerah Banjar Paketan mungkin saja itu hanya anjing campuran yang diakui sebagai anjing kintamani asli.
        Terdapat 3 jenis anjing kintamani, dibedakan berdasarkan warna bulunya, ada yang berwarna putih, hitam dan cokelat, namun sementara anjing kintamani yang memiliki warna putih yang lebih ditonjolkan, anjing ini dibudidayakan ditempat/dirumah masing-masing warga, tidak ada tempat peternakan anjing kintamani di banjar ini, pemilik anjing kintamani membudidayakan anjing ini dominan untuk dijual sebagai tambahan penghasilan, anjing ini mampu bertahan hingga mencapai 20 tahun, uniknya, ketika akan melahirkan, anjing kintamani ini akan menggali lubang sebagai tempatnya melahirkan anak-anaknya sekaligus selama waktu asuhan anaknya, biasanya anjing kintamani untuk sekali melahirkan dapat melahirkan hingga 7 ekor, namun tak jarang hanya seekor saja, sehari-harinya makanan dari anjing kintamani ini adalah Ketela, Sayur Jepang, Dedak, dan Telur. Untuk kisaran harganya, anak anjing atau konyong berharga sekitar Rp500.000 sampai Rp1.000.000, untuk yang dewasa harganya sekitar Rp5.000.000 sampai Rp10.000.000. Terdapat pula perlombaan atau kontes-kontes untuk mengukur tingkat keaslian anjing kintamani, yang bertujuan untuk mengembangkan minat untuk tetap membudidayakan anjing asli kintamani ini,anjing yang menjadi pemenang dalam kontes ini juga akan sekaligus meningkatkan nilai jual dari anjing tersebut, anjing yang menjadi pemenang nilai jualnya mencapai Rp120.000.000.


33 komentar:

  1. hallo,,,
    perkenalkan nama saya dhila, dari kompas tv.
    saya ingin eliput tentang populasi anjing kintamani dan penanggulangan rabies.
    kira-kira apa boleh saya minta noo]mor telepon kantor desa sukawna?
    terima kasih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya pemuda tokoh masyarakat di sana, klo minta info saya bisa kasi sedikit penjelasan, contact person 081338339609

      Hapus
  2. oia, ini alamat email saya jika ingin memberi info.
    fadhila.ramadhona@kompas.tv

    terima kasih banyak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Contact info ,mengenai anjing kintamani dan info anjing kintamani : 081338339609/Wayan Parsa, dan info potensi alam,dll

      Hapus
  3. halo.... kira-kira kalo saya main ke desa sana bisa liat anjing-anjingnya ? pengen liat T^T

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam sejahtera , bagi keluarga besar pencinta anjing kintamani ,bisa hubungi I Wayan Parsa ,asal mula dari asal anjing kintamani , Banjar paketan ,desa Sukawana, kintamani , maaf kami menginfokan asli keaslian anjing kintamani ,bjr paketan,desa Sukawana, kekintamani , selain desa kami , maaf tidak jamin keasliannya.
      Contact info : I Wayan Parsa

      Hapus
  4. Hai...maaf mo dikit...kalo saya ingin beli anjing kintamani asli dari desa Sukawana-Bali prosesnya bagaimana ya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Prosesnya mudah, klo minta info bisa saya kasi informasi: saya Wayan Parsa asal bjr paketan, ds Sukawana kintamani.
      Hati selain ds saya tidak asli kemungkinan campuran, thanks

      Hapus
  5. Mau lihat dan beli anjing kintamani
    Bisa kontact saya ke 081338339609
    Saya Wayan Parsa asal bjr paketan, Sukawana, kintamani , tinggal di Denpasar

    BalasHapus
  6. Pak wayan...anakan betina warna hitam wenten enggeh ???

    BalasHapus
  7. Pak, tiang dari gianyar,, tiang berniat untuk adopt anjing kintamani, untuk anakan anjing kintamani asli dari desa sukawana berapa nike nggih harganya, dan dimana saya bisa mendapatkan anakannya yang asli ???? Suksma pak

    BalasHapus
  8. Pak Wayan, saya ingin sekali pelihara anjing kintmani, tapi saya terkendala jarak. Saya sendiri tinggal di daerah kalimantan. Beberapa teman di media sosial belum berani kirim ke daerah saya. Mungkin Pak Wayan punya solusi untuk saya, misalnya jasa pengirman hewan yg terpercaya, atau cara lain yang lebih praktis. Terima kasih.

    BalasHapus
  9. Terimakasih Bpk , maaf untuk tahun2 ini memang susah kirim anjing kintamani.
    Besok2 klo ingin info asli anjing kintamani bisa hubungi saya Wayan Parsa/081338339609, asli dari asal mula anjing ,bjr paketan, ds Sukawana ,kintamani, selain desa kami maaf keasliannya tidak terjamin, terimakasih

    BalasHapus
  10. Hallo kawan kawan semua.. semoga sehat semua yang membaca komen saya.. Amin

    BalasHapus
  11. Salam sejahtera
    Bagi penghoby anjing kintamani.untuk aslinya bisa hubungi saya . Wayan parsa wa 087761239345 dan telp 081338339609.
    Hati2 banyak yg menggaku ajing aslu kintmani,
    Sya wayn parsa dari br paketan, ds sukwawana, alamat saya inilah asal muasal anjing kintamani ASLI.
    Terimaksih saya sampaikan oenghoby anjing Kintamani ASLI

    BalasHapus
  12. Salam sejahtera
    Bagi penghoby anjing kintamani.untuk aslinya bisa hubungi saya . Wayan parsa wa 087761239345 dan telp 081338339609.
    Hati2 banyak yg menggaku ajing aslu kintmani,
    Sya wayn parsa dari br paketan, ds sukwawana, alamat saya inilah asal muasal anjing kintamani ASLI.
    Terimaksih saya sampaikan oenghoby anjing Kintamani ASLI

    BalasHapus
  13. Apakah skrng masih ad pak yan?

    BalasHapus
  14. Pak Wayan parsa apa masih pelihara anjing kintamani yg asli, harga berkisar berapa ya ?

    BalasHapus
  15. Hallo pak wayan ada nomer yg bisa di hubungi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. wayan parsa
      ( facebook : Bali Tour Service & Rent Car )
      wa : 087761239345
      ph : 081338339609

      Hapus
    2. wayan parsa
      ( facebook : Bali Tour Service & Rent Car )
      wa : 087761239345
      ph : 081338339609

      Hapus
  16. Selamat malam.
    Bagi yg pengembar ANJING ASLI KINTAMANI dari luar Bali..
    sambil melihat pemandangan dan kehindahan pulau bali.
    bisa dengan jasa transportasi kami
    dari harga 400k -700k perhari tergantung tujuan tour Bali.

    bisa hubungi
    wa : +6287761239345
    ph : 081338339609
    facebook : Bali Tour Service & Rent Car
    wechat : wayan9345

    BalasHapus
  17. Malam Pak Wayan, utk saat ini apakah tersedia anakan kintamani jantan ? Brp harganya & bila dikirim ke daerah jawa barat apakah bisa ? Mohon info, terima kasih

    BalasHapus