Rabu, 08 Agustus 2012

Penyuluhan Kebersihan Lingkungan

Sifat : Monodisipliner
Bidang : Kebersihan Lingkungan


a. Latar Belakang
   Tema dari KKN-PPM UNUD dari kelompok 89 adalah “Pemberdayaan masyarakat dalam Menuju Desa Sukawana yang Bersih dan Sehat”. Desa Sukawana merupakan salah satu kawasan Kintamani yang merupakan salah satu tempat wisata yang ada di Bali dan sedang diusulkan menjadi salah satu kawasan Geo Park dunia, namun hal tersebut masih terbentur masalah kebersihan lingkungan daerah tersebut. Masalah sampah merupakan masalah yang saat ini masih sulit ditanggulangi. Pengetahuan dan kesadaran masyarakat Desa Sukawana masih kurang mengenai kebersihan lingkungan khususnya masalah pengelolaan sampah. Banyak sampah plastik yang berserakan di pinggir jalan, fasilitas umum, dan kebun-kebun yang dimiliki warga. Sebagian masyarakat masih membuang sampah sembarangan walaupun sudah terdapat beberapa tempat pembuangan umum. Hal tersebut menimbulkan dampak buruk yaitu lingkungan terlihat jorok sehingga dapat menurunkan jumlah kunjungan wisatawan ke Desa Sukawana serta mempermudah penyebaran berbagai jenis penyakit yang mengganggu kesehatan masyarakat setempat.
   Maka dari itu sebagai upaya meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kebersihan lingkungan kami mengambil penyuluhan tentang lingkungan sehat dan sampah. Berdasarkan laporan dari kesembilan banjar-banjar yang berada di wilayah kerja Desa Sukawana pada tahun 2011, sebagian besar mengatakan belum pernah mendapat penyuluhan mengenai kebersihan lingkungan dan sampah. Oleh karena itu, seluruh warga masyarakat pada sembilan Desa Sukawana menjadi target sasaran dalam penyuluhan mengenai lingkungan sehat dan sampah. Program penyuluhan kebersihan lingkungan ini ditujukan kepada sembilan banjar di Desa Sukawana.

b. Tujuan
   Diharapkan dengan pelaksanaan program penyuluhan lingkungan sehat dan sampah ini nantinya akan memberikan dampak postif berupa meningkatnya pengetahuan perubahan perilaku dari masyarakat Desa Sukawana tentang memelihara lingkungan sehat dan pengelolaan sampah yang baik.

Penyuluhan Kebersihan Lingkungan
   Pada kegiatan ini mahasiswa KKN PPM berusaha mengembangkan kesadaran diri masyarakat Desa Sukawana akan pentingnya kebersihan lingkungan yang telah menjadi masalah di Desa Sukawana. Hal ini didasarkan pada potensi Desa Sukawana sebagai salah satu Kawasan Kintamani yang merupakan kawasan kunjungan wisata dan akan diusulkan menjadi salah satu kawasan di Kecamatan Kintamani sebagai kawasan Geo Park. Peningkatan kesadaran akan kebersihan lingkungan juga nantinya akan meningkatkan animo kunjungan masyarakat untuk berwisata ke Desa Sukawana. Selain itu dengan lingkungan yang bersih dapat mencegah rantai penularan penyakit dan akan meningkatkan taraf kesehatan masyarakat Desa Sukawana tentunya.

Kegiatan Penyuluhan Kebersihan Lingkungan
a. Waktu
    Kegiatan ini dilakukan mulai tanggal 18 Juli sampai tanggal 8 Agustus 2012 dengan perincian sebagai berikut:
  1. Rabu, 18 Juli 2012 di Banjar Paketan, Desa Sukawana.
  2. Kamis, 19 Juli 2012 di acara Posyandu Banjar Kuta Dalem, Desa Sukawana.
  3. Rabu, 25 Juli 2012 di Banjar Kubusalya dan Banjar Kuum, Desa Sukawana.
  4. Jumat, 27 Juli 2012 di Balai Desa, menghadirkan Kelian Subak dari Banjar Tanah Daha, Munduk
       Lampah, dan Banjar Desa, Desa Sukawana.
  5. Minggu, 29 Juli 2012 di Banjar Sukawana, Desa Sukawana.
  6. Rabu, 8 Agustus 2012 di Banjar Lateng, Desa Sukawana.

b. Lokasi
   Masing-masing Banjar di Desa Sukawana.

c. Kelompok Sasaran
   Yang menjadi kelompok sasaran dalam kegiatan ini adalah masyarakat Desa Sukawana dari berbagai usia.

d. Pihak Terlibat
   Berbagai pihak yang terlibat dalam kegiatan ini adalah seluruh mahasiswa KKN-PPM dan PPD di Desa Sukawana beserta masyarakat di Desa Sukawana.

e. Pelaksanaan
   Kegiatan ini diawali dengan berkoordinasi dengan Kepala Desa dan seluruh Kelian Banjar Desa Sukawana untuk memudahkan mahasiswa KKN-PPM dan PPD menentukan waktu dan tempat yang tepat untuk mengadakan penyuluhan. Setelah beberapa hari melakukan koordinasi akhirnya mahasiswa mendapatkan kepastian waktu dan tempat yang tepat untuk mengadakan penyuluhan di masing-masing banjar.
   Tahap yang dilakukan selanjutnya adalah mempersiapkan materi dan sarana yang akan digunakan dalam kegiatan penyuluhan. Mahasiswa KKN-PPM dan PPD juga berkoordinasi dengan Kepala Puskesmas Kintamani 2 dan Kepala Sekolah SDN 1 Sukawana untuk peminjaman sarana yang diperlukan untuk penyuluhan, seperti LCD dan layar.
   Dengan diadakannya penyuluhan tentang Kebersihan Lingkungan tersebut diharapkan nantinya mampu mengembangkan kesadaran diri masyarakat Desa Sukawana akan pentingnya kebersihan lingkungan yang telah menjadi masalah di Desa Sukawana. Peningkatan kesadaran akan kebersihan lingkungan juga nantinya akan meningkatkan animo kunjungan masyarakat untuk berwisata ke Desa Sukawana. Selain itu dengan lingkungan yang bersih dapat mencegah rantai penularan penyakit dan akan meningkatkan taraf kesehatan masyarakat Desa Sukawana tentunya.

f. Permasalahan
   Permasalahan yang timbul pada saat pelaksanaan program ini adalah sulitnya mencari waktu yang tepat untuk mengumpulkan masyarakat, karena sebagian besar masyarakat Desa Sukawana bermatapencaharian sebagai petani dan cenderung lebih banyak menghabiskan waktu di kebun masing-masing. Selain itu diperlukan usaha yang lebih untuk meningkatkan kesadaran diri dan merubah perilaku dari masyarakat yang sudah dianggap suatu kebiasaan.

g. Solusi
   Solusi yang dapat dilakukan adalah mencari waktu yang tepat agar sebagian besar masyarakat dapat berkumpul, seperti saat kegiatan gotong royong banjar, posyandu, ataupun kegiatan pertemuan lainnya. Solusi untuk meningkatkan kesadaran diri masyarakat lebih baik adalah bersosialisasi dengan masyarakat sebanyak mungkin mengenai pentingnya kebersihan lingkungan.

h. Dampak
   Dampak yang ditimbulkan dari pelaksanaan program ini adalah dapat mengembangkan kesadaran diri masyarakat Desa Sukawana akan pentingnya kebersihan lingkungan. Selain itu dengan lingkungan yang bersih dapat mencegah rantai penularan penyakit dan akan meningkatkan taraf kesehatan masyarakat Desa Sukawana tentunya.

1 komentar: