Rabu, 08 Agustus 2012

Senam Jantung Sehat

Sifat : Interdisipliner
Bidang : Kesehatan Masyarakat


a. Latar Belakang
    Masyarakat Desa Sukawana sebagian besar bermata pencaharian sebagai petani, disamping sebagai peternak, pedagang ataupun wiraswasta. Kaum ibu sebagian besar ikut membantu suami sebagai petani atau berdagang, namun tidak sedikit juga sebagai ibu rumah tangga. Kegiatan masyarakat di Desa Sukawana dimulai pada pagi hari dan berakhir pada siang atau sore harinya. Melalui kegiatan tersebut, masyarakat di Desa Sukawana masih dirasakan kurang beraktivitas terutama dalam berolahraga. Masyarakat Desa Sukawana memiliki sebuah lapangan bulu tangkis sebagai sarana berolahraga, namun lebih banyak dipergunakan oleh laki-laki dalam bermain bulutangkis. Cuaca di Desa Sukawana yang tergolong dingin juga menyebabkan masyarakat jarang berolahraga dan lebih memilih menghabiskan sebagian besar waktu di dalam rumah.
    Pelaksanaan program senam jantung sehat dilakukan dengan tujuan untuk mengolahragakan masyarakat dan sebagai langkah awal dalam memulai kegiatan olahraga bagi masyarakat. Sasaran kegiatan ini terutama bagi ibu-ibu PKK. Penggunaan media berupa senam jantung sehat dipergunakan karena senam tersebut tergolong umum dan sudah banyak dilakukan oleh masyarakat lain sehingga diharapkan dapat mudah dilakukan oleh masyarakat Desa Sukawana terutama oleh ibu-ibu PKK dan diharapkan dapat ditularkan kepada ibu-ibu lainnya. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat menambah kegiatan ibu PKK dan memulai kegiatan berolahraga melalui senam jantung sehat sebagai wadah untuk ikut menyehatkan masyarakat Desa Sukawana.

b. Tujuan
    Adapun tujuan dari pelaksanaan kegiatan senam jantung sehat pada Desa Sukawana adalah meningkatkan kondisi kesehatan masyarakat terutama ibu PKK melalui partisipasi dalam kegiatan olahraga senam jantung sehat.

c. Proses
    Pelaksanaan senam jantung sehat akan dilaksanakan pada siang hari satu minggu sekali berpusat di lapangan bulutangkis di Desa Sukawana. Program senam jantung sehat dilaksanakan satu minggu sekali karena selain hari tersebut, lapangan dipergunakan untuk bulutangkis oleh para laki-laki. Kegiatan senam dilakukan setelah masyarakat terutama ibu-ibu PKK telah berkumpul dan kemudian senam dilakukan dengan seorang petugas sebagai peraga gerakan dari mahasiswa sendiri yang memberi contoh gerakan senam. Pada akhir kegiatan senam akan diberikan cd video senam jantung sehat kepada masyarakat terutama ibu-ibu PKK sebagai tindak lanjut agar dapat dipergunakan untuk kegiatan senam berikutnya oleh ibu-ibu PKK sendiri.

e. Pelaksanaan
    Kegiatan senam jantung sehat diadakan setiap minggu satu kali pada Hari Minggu pukul 15.00–selesai. Kegiatan dilaksanakan pada hari minggu disebabkan lapangan dipergunakan untuk bermain bulutangkis selain Hari Minggu. Kegiatan dilaksanakan pada:
  1. Minggu, 15 Juli 2012,
  2. Minggu, 22 Juli 2012,
  3. Minggu, 29 Juli 2012, dan
  4. Minggu 5 Agustus 2012
    Kegiatan senam dilaksanakan dengan panduan seorang instruktur dari mahasiswa sendiri. Senam dilakukan bersama-sama dengan ibu-ibu PKK dengan durasi senam sekitar 30 menit. Kegiatan senam dipersiapkan di lapangan bulutangkis Desa Sukawana dengen persiapan sound speaker, kabel sound untuk dihubungkan ke laptop, persiapan penerangan di lapangan dan persiapan video senam. Kegiatan senam kemudian dilakukan setelah ibu-ibu PKK Desa Sukawana terkumpul.

f. Hasil
    Kegiatan senam pertama kali dilakukan pada hari Minggu tanggal 15 Juli 2012, pukul 15.00 – selesai. Kegiatan dilakukan bersama 26 orang ibu-ibu PKK Desa Sukawana yang berasal dari berbagai banjar di Desa Sukawana yaitu Banjar Kubusalia, Banjar Lateng, Banjar Kuta Dalem, Banjar Sukawana, Banjar Paketan, Banjar Tanah Daha, Banjar Munduk Lampah. Setelah senam pertama dilakukan kemudian istirahat dan diberikan minuman air mineral dari panitia kegiatan. Senam jantung sehat kemudian dilakukan untuk kedua kalinya atas permintaan ibu-ibu PKK Desa Sukawana. Pada akhir acara diberikan CD senam berjumlah 9 buah untuk dibagikan kepada ibu-ibu perwakilan dari setiap banjar di Desa Sukawana untuk dipelajari di banjar atau rumah masing-masing.
    Kegiatan senam kedua dilakukan pada hari Minggu tanggal 22 Juli 2012, pukul 15.00 – selesai. Kegiatan dilakukan dengan ibu-ibu PKK yang hadir berjumlah 22 orang. Peserta yang hadir dari Banjar Kuta Dalem, Banjar Tanah Daha, Banjar Munduk Lampah, Banjar Lateng, Banjar Paketan, Banjar Kuum, Banjar Kubusalia. Senam dilakukan dengan panduan instruktur dari mahasiswa dan kemudian diulang kembali atas permintaan ibu-ibu PKK. Senam diselingi dengan istirahat dan kembali diberi air mineral dari panitia. Beberapa CD dikatakan masih susah diputar sehingga panitia berencana memberi beberapa buah CD lain kepada ibu-ibu PKK. Beberapa ibu PKK terlihat antusias dan membawa flash disc sendiri untuk meminta langsung video senam dari panitia.
    Kegiatan senam ketiga dilakukan pada hari Minggu tanggal 29 Juli 2012, pukul 15.00 – selesai. Kegiatan dilakukan dengan ibu-ibu PKK yang hadir berjumlah 25 orang yang berasal dari Banjar Kuta Dalem, Banjar Tanah Daha, Banjar Kubusalia, Banjar Lateng, Banjar Sukawana, Banjar Munduk lampah, Banjar Kuum, Banjar Desa. Senam kemudian dilakukan dan diulang kembali atas permintaan ibu-ibu PKK. Senam diselingi dengan istirahat dan kembali diberi air mineral dari panitia. Beberapa CD senam kembali diberikan untuk dipergunakan oleh ibu-ibu PKK. Beberapa ibu PKK juga antusias dan membawa sendiri flash disc untuk meminta kepada panitia. Senam masih diperagakan oleh mahasiswa karena ibu-ibu PKK beberapa gerakan sudah hapal tapi dirasa masih belum semua.
    Kegiatan senam keempat dilakukan pada hari Minggu tanggal 5 Agustus 2012, pukul 15.00 – selesai. Kegiatan dilakukan setelah ibu-ibu PKK hadir berjumlah 23 orang dari berbagai banjar kecuali Banjar Kubu Salya karena bertepatan dengan diadakannya kegiatan ke air terjun di daerah Kubu Salya yang diikuti juga ibu-ibu dari banjar tersebut. Senam dilakukan dan diulang kembali atas permintaan ibu-ibu PKK. Senam diselingi dengan istirahat dan kembali diberi air mineral dari panitia. Beberapa ibu sudah terlihat hapal namun masih malu dan senam masih dipandu oleh instruktur dari mahasiswa.

g. Hambatan
    Keterbatasan kapasitas lapangan bulutangkis sehingga pengumpulan ibu-ibu PKK dengan perwakilan dari tiap-tiap banjar dari 9 banjar di Desa Sukawana. Diharapkan melalui perwakilan tersebut dapat menularkan kegiatan senam kepada ibu-ibu di daerah masing-masing. Pengumpulan ibu-ibu PKK dilakukan terutama setelah berkoordinasi dengan perwakilan dari ibu PKK untuk kemudian diteruskan kepada anggota yang lain dan info pengumpulan warga juga dilakukan setiap ada warga berkumpul seperti pada saat kegiatan gotong royong atau saat program penyuluhan seperti kesehatan lingkungan berjalan. Beberapa CD yang diberi panitia belum bisa dibuka oleh beberapa ibu-ibu PKK. Pemberian CD ulang kembali diberikan dengan beberapa warga yang langsung membawa flash disc sendiri untuk meminta langsung.

5 komentar:

  1. Wah artikelnya menarik banget dan inspiring buat dilkukan dikampung halaman, sekalian nanya nih. Dimana ya tempat jual baju senam di daerah Surabaya ?

    BalasHapus
  2. salam kenal sis ... Untuk senam Jantung ini Dari negara mana ya? apa dr negara indonesia sendiri ?n btw klo tempat yg jual baju senam body image untuk wanita muslim dan murah yg berkulitas dmna yah ??

    BalasHapus
  3. Salam Kenal ya...

    Info yang menarik nie.. kalau boleh tau, ada g baju senam terbaru khusus yang digunakan?

    Thnks ya... & sukses selalu.... :)

    BalasHapus
  4. Senam kesehatan jantung punya segudang manfaat untuk kesehatan tubuh terutama dibagian cardiovascular. Dengan syarat kalau dilakukan dengan benar dan baik. Lebih baik lagi dilakukan bersama instruktur senam handal dan baju senam terbaru untuk menunjang penampilan agar makin kece . Thank you ^^

    BalasHapus
  5. Terima kasih ...
    Atas Artikel sangat membantu sekali...
    mau tanya kalau mau baju senam muslimah yang murag dan berkualitsa dimana ya...
    mohon petunjuknya..

    BalasHapus